Our Feeds

Monday, October 10, 2016

Catholic Youth Indonesia

Cara Berdoa Novena Tiga Salam Maria


Ini merupakan salah satu doa yang memiliki kekuatan besar untuk segera mungkin dijawab oleh Tuhan Yesus. Doa ini sudah admin buktikan sendiri dan benar-benar suatu mujizat yang tak disangka-sangka. Tuhan Yesus akan menjawab doa kita dengan cara yang bahkan mustahil bagi kita. Sekalipun situasi mengatakan tidak mungkin, percaya dan tetap berdoa tiga salam Maria pasti cara ajaib Kristus terjadi.
Doa 3 salam Maria memiliki 3 rumusan yang berbeda. Bisa dipilih salah satu dari 3 rumusan ini lalu, doakan rumusan doa ini dan doa Salam Maria sebanyak 3x kemudian sebut permohonanmu. Doakanlah rumusan dan 3 Salam Maria ini selama 9 hari berturut-turut di jam yang sama. Semisal memulai doa hari Minggu jam 05.00 WIB maka selama 9 hari hingga hari Senin mendatang jam 05.00 WIB (bukan hari senin keesokan harinya). Berikut 3 rumusan doa novena 3 Salam Maria :
Rumusan I
Ibu Maria, perawan yang berkuasa, bagimu tak ada sesuatu yang tidak mungkin, justru karena kekuasaan yang dianugerahkan Tuhan yang Mahakuasa kepadamu, dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitanku ini. Janganlah hendaknya engkau meninggalkan daku, sebab engkau pasti dapat menolong, meski dalam perkara sulit yang tak ada harapannya sekalipun, engkau tetap menjadi perantara.
Baik keluhuran Tuhan, kehormatanmu, maupun keselamatan jiwaku akan bertambah, jika seandainya engkau sudi mengabulkan permohonanku ini. Karenanya kalau permohonanku ini benar-benar selaras dengan kehendak Tuhan yang Mahakasih dan Mahasuci, sangat aku mohon, o Ibu yang kuasa dalam permohonan, sudilah kiranya Bunda meneruskan permohonanku ini kehadirat Puteramu, yang pasti tidak menolakmu.
Pengaharapanku yang besar ini berdasarkan kekuasaan tak terbatas yang dianugerakan Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati besarnya kuasamu, aku berdoa bersama-sama St. Mechtildis yang kau beritahukan tentang latihan kebaktian “Tiga Salam Maria” yang sangat besar manfaatnya.
Salam Maria 3x...................................................... (Sebutkan permohonan)

Rumusan II
Perawan suci, yang disebut takhta kebijaksanaan, berkat sabda Allah kebijaksanaan ilahi telah tinggal didalm dirimu, engkau telah dianugerahi pengetahuan ilahi, tak terhingga oleh Puteramu, karena sebagi makhluk paling sempurna engkau dapat menerimanya. Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapi, betapa besar pertolongan yang kuharapkan darimu.
Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanmu, aku menyerahkan diri seutuhnya kepadamu supaya engkau dapat mengatur dengan segala kesanggupan dan kedermawanan budi, demi keluhuran Tuhan dan keselamatan jiwaku. Sudilah kiranya ibu menolong dengan segala cara yang paling tepat untuk tercapainya maksudku itu,
Bunda Maria, Bunda Kebijaksanaan ilahi, berkenan mengabulkan permohonanku yang penting ini. Aku mohon berdasar atas kebijaksanaanmu yang tak ada bandingnya. Yang dikaruniakan kepadamu oleh Sabda Ilahi Puteramu.
Bersama dengan St. Antonius dari Padua dan St. Leonardus dari Porto Mauritio pewarta kebaktian “Tiga Salam Maria” aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanmu yang tiada taranya.
Salam Maria 3x...................................................... (Sebutkan permohonan)
Rumusan III
Bunda yang baik dan lembut hati, bunda kerahiman sejati yang waktu akhir-akhir ini menyebut diri “Ibu yang penuh belas kasih”, aku datang padamu memohon dengan sangat sedih kiranya ibu memperlihatkan belas kasihmu kepadaku. Makin besar kepapaanku, makin besar pulalah belas kasihmu kepadaku.
Aku tahu bahwa aku tak pantas mendapat karunia itu, sebab kerap kali aku menyedihkan hatimu, dengan menghinakan Puteramu.
Betapapun besar kesalahanku, namun aku sangat menyesal telah melukai Hati Kudus Yesus dan hati kudusmu.
Engkau telah memperkenalkan diri sebagai “Bunda para pendosa yang bertobat” kepada St. Brigita. Maka ampunilah kiranya segala tidak tahu terima kasihku yang sudah-sudah. Ingatlah akan keluhuran Puteramu serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang terpancar, dengan mengabulkan anugerah permohonanku ini melalui perantaraan Puteramu.
Bunda perawan yang penuh kebaikan, lembut dan manis, belum pernah engkau membiarkan yang datang mohon pertolonganmu.
Atas kerahiman dan kebaikanmu, aku mengharap dengan sangat anugerah Roh Suci padamu, untukku dan demi keluhuranmu bersama dengan St. Alfonsus Ligouri rasul kerahimanmu serta guru kebaktian “Tiga Salam Maria” ini, aku berdoa untuk menghormati kerahimanmu dan kebaikanmu.
Salam Maria 3x...................................................... (Sebutkan permohonan)

Keterangan:
     1.    Sebaiknya ditambah doa: “Bunda Maria ibuku yang baik hati,                        jauhkanlah............ (diriku), (dia), (kami), dari dosa berat.”
     2.   Jika permohonan itu mengenai perkara besar dan penting, hendaknya            melakukan novena ini tiga kali berturut-turut
     3.  Untuk memperbesar kemungkinan terkabulnya permohonan, misalnya           dapat berjanji kepada Bunda Maria
a.    Tiap pagi dan petang setia berdoa “Salam Maria”
b.  Mengumumkan kalau permohonan itu telah dikabulkan, sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada Bunda yang tersuci.

Subscribe to this Blog via Email :
Latest
Previous
Next Post »

27 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
April 7, 2017 at 1:46 AM delete

Apakah permohonan pada setiap rumusan harus sama?

Reply
avatar
R. Harianto
AUTHOR
June 23, 2017 at 9:32 AM delete

Saya mau beri kesaksian. Perkenalkan nama saya restita, saya menuliskan hal ini murni karena pengalaman saya sendiri. Tahun ini adalah tahun saya lulus dari SMA, sebagaimana mestinya anak SMA, pasti kami ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi..
Berbulan bulan sebelum test SBMPTN, saya sudah belajar, les kesana kemari, privat maupun tidak, setiap hari belajar dari jam 7 pagi hingga jam 2 pagi lagi, saya jalani karena saya sangat ingin kuliah di surabaya, khususnya di unair.
Hari test SBMPTN pun tiba, jauh dari harapan saya, ternyata saya sama sekali tidak bisa mengerjakan, dari total 60 soal pengetahuan IPA mungkin saya hanya bisa mengerjakan 10 soal saja.
Pulang dari surabaya saya menangis beberapa hari saya mengutuki diri saya sendiri..
Akhirnya setelah 1 bulan, pengumuman pun tiba, sesuai dengan perkiraan saya tidak diterima:))) juga di test tulis UGM saya kembali tidak diterima:)))
Saya berusaha menerima mungkin memang bukan jalannya, akhirnya harapan saya hanyalah jalur mandiri, khusus untuk tahun ini jalur mandiri universitas negeri kebanyakan menggunakan nilai SBMPTN yang notabene saya hanya mengerjakan 10 soal. Entah kenapa, 1 minggu jelang pengumuman, saya merasa ada yang menyuruh saya untuk berdoa novena, saya bertanya pada teman saya yang katholik, novena itu seperti apa, bagaimana cara melakukannya, akhirnya saya pun mencoba meminta Bunda Maria mendoakan saya kepada Tuhan Yesus, di dalam doa saya berkata bahwa saya sangat ingin kuliah di Surabaya, saya ingin melihat stasiun gubeng pada malam hari, saya ingin melihat danau universitas airlangga pada malam hari.. saya terus bertekun pada doa dan pengharapan saya.. tadi malam pukul 00.30 an, adalah pengumuman Unair, jurusan yg saya ambil adalah KESEHATAN MASYARAKAT yang peminatny pada mandiri berkisar 600 orang dan hanya diambil sekitar 70 orang, saya berpasrah, saya doa bapa kami, salam maria, dll.. dan Puji Tuhan! Saya diterima di pilihan pertama unair yaitu KESEHATAN MASYARAKAT. Terimakasih Bapa, terimakasih Bunda Maria..
Disini saya berbicara, bahwa masa depan sungguh ada dan harapanmu takkan hilang. Saya terima kasih juga berkat novena 3 salam maria, saya percaya Bunda Maria turut mendoakan saya:)

Reply
avatar
June 24, 2017 at 12:37 PM delete

Syukur kepada Allah atas terjawabnya Doa Novena 3 kali Salam Maria. Semoga semakin banyak yang mengalami pengalaman rohani bersama Kristus melalui Bunda Maria.

[Factus Obediens Usqe Ad Mortem]
~Taat Sampai Mati~

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
July 23, 2017 at 12:47 AM delete

Apakah 3 rumusan ini di doa kan dalam 1kali doa?

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
September 7, 2017 at 9:57 PM delete

Malam, saya ingin bertanya, apakah doa novena tiga salam maria harus didoakan pada pagi hari saja? apakah boleh dalam malam hari? terimakasih

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
February 15, 2018 at 4:45 PM delete

apakah doa novena harus 9 hari berturut2? atau bisa 9 minggu berturut2?

Reply
avatar
Twin Sister
AUTHOR
May 12, 2018 at 9:19 PM delete

Saya ingin mengucap syukur atas terkabulnya doa Novena Tiga Salam Maria.
Singkat cerita, setelah 2 tahun penantian panjang atas permohonan saya ini dan termasuk juga pergumulan2 di dalamnya, akhirnya terjawab sudah tahun ini. Sudah sempat kecewa dan hampir putus asa, tapi jalan Tuhan memang ajaib. Sudah pernah berdoa novena setiap hari sampai dengan hitungan bulan saat itu. Namun, rencana Tuhan memang yang terbaik buat saya.
Saudaraku jangan pernah berhenti berharap, hal yang tadinya mustahil bisa jadi mungkin, jika Tuhan sudah berkehendak.
Terima kasih Tuhan Yesus, terima kasih Bunda Maria.

Reply
avatar
June 11, 2018 at 3:31 PM delete

Pilih salah satu rumusan saja. Dan doakan rumusan yang anda pilih selama 9 hari berturut-turut dan di jam yang sama

Reply
avatar
June 11, 2018 at 3:33 PM delete

Shalom Aleichem,
Pada dasarnya doa Novena Tiga Salam Maria dapat didoakan kapan saja asalkan pada jam yang sama selama 9 hari berturut-turut. Jika hari pertama berdoa jam 15.00 WIB, silakan didoakan seterusnya selama 9 hari pada jam 15.00

[Factus Obediens Usqe Ad Mortem]
~Taat Sampai Mati~

Reply
avatar
June 11, 2018 at 3:33 PM delete

Shalom aleichem,
Doa novena hendaknya didoakan 9 hari berturut-turut.

[Factus Obediens Usqe Ad Mortem]
~Taat Sampai Mati~

Reply
avatar
June 11, 2018 at 3:34 PM delete

Shalom aleichem,
Deus vult!

[Factus Obediens Usqe Ad Mortem]
~Taat Sampai Mati~

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
June 24, 2018 at 12:06 AM delete

Mau tanya kalau doa jam 22.15 lalu besok nya jam 22.00
Apakah boleh? Apakah boleh lebih cepat 15 menit atau 20 menit boleh?

Reply
avatar
Putri Warinagia
AUTHOR
October 27, 2018 at 7:15 AM delete

Shaloom, saya ingin bertanya, disana terbilang bahwa jika permohonan berat, doa novena dilakukan 3 kali berturut-turut, saya kurang paham dengan maksud ini. Apakah maksudnya, doanya di ulang sebanyak 3x pada waktu yg sama selama 9 hari? Terimakasih.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 12, 2018 at 5:10 PM delete

Yang dimaksud novena dilakukan 3 kali berturut" itu apa yaa? Kita doa 3 kali novena nya(Pagi siang malam) atau seperti apa?

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
May 29, 2019 at 5:48 AM delete

Saya ingin mengucap syukur atas terkabulnya doa novena Tiga Salam Maria.
Saya kelas 3 smp yang beranjak ke kelas 1 SMA..
Puji Tuhan, saya mendapatkan hasil yang memuaskan ... Tuhan sungguh baik pada saya. Saya sangat bersyukur atas hasil yang saya dapatkan.. Untuk semuanya,saya memang belum cukup dewasa , menulis ini saja saya msh menyontek sedikit,sedikit. Tapi, satu hal yang saya tahu, jangan berhenti berharap, dan percayakan semuanya pada Tuhan .. Tuhan tahu yang terbaik... Terimakasih Tuhan Yesus, Terimakasih Bunda Maria.

Reply
avatar
September 2, 2019 at 7:21 PM delete

Apakah selain katolik (protestan) juga bisa melakukan Doa Novena ini ? Tks

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 2, 2019 at 1:14 AM delete

semua lintas agama bisa berdoa Novena, yang penting mengimani dan percaya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 2, 2019 at 1:14 AM delete

semua lintas agama bisa berdoa Novena, yang penting mengimani dan percaya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 16, 2020 at 3:27 PM delete

Shalom, untuk novenanya dilakukan berturut turut selama 9 hari, yg di doakan adalah semua rumusan yg ada didlm rumusan doa atau dipilih salah satu? jika dipilih satu saja, pilih yg mana?
dan untuk permohonan yg lebih berat maka disarankan untuk didoakan 3x berturut turut, jadi misalkan pada hari 1 saya berdoa jam 6 pagi, saya doakan 3 rumusan novena 3salam maria lalu saya ulang 3x pada saat yg sama, dan saya lakukan hal yg sama slm 9 hari berturut turut?
Terima kasih atas penjelasannya

Reply
avatar
May 6, 2020 at 1:50 PM delete

Mau tanya kalau doa jam 22.15 lalu besok nya jam 22.00
Apakah boleh? Apakah boleh lebih cepat 15 menit atau 20 menit boleh?
==================
Berdoa Novena berarti ketaatan, artinya anda harus berdoa di jam yang sama selama 9 kali berturut-turut

Reply
avatar
May 6, 2020 at 1:52 PM delete

Shaloom, saya ingin bertanya, disana terbilang bahwa jika permohonan berat, doa novena dilakukan 3 kali berturut-turut, saya kurang paham dengan maksud ini. Apakah maksudnya, doanya di ulang sebanyak 3x pada waktu yg sama selama 9 hari? Terimakasih.
==================
Dalam satu hari dilakukan 3 kali doa berturut-turut

Reply
avatar
May 6, 2020 at 1:53 PM delete

Yang dimaksud novena dilakukan 3 kali berturut" itu apa yaa? Kita doa 3 kali novena nya(Pagi siang malam) atau seperti apa?
=====
Sudah saya jawab di kolom komentar sebelumnya

Reply
avatar
May 6, 2020 at 1:55 PM delete

Apakah selain katolik (protestan) juga bisa melakukan Doa Novena ini ? Tks
===========
Pada dasarnya doa adalah ungkapan seseorang kepada penciptanya. Terkait hal ini seharusnya ditanyakan langsung ke pemuka agama anda.

Reply
avatar
Maria Curnie
AUTHOR
May 12, 2020 at 8:06 AM delete

Saya sungguh percaya, bahwa Bunda dan Putranya tak pernah ingkar janji, tak pernah meninggalkan kita. Saya berdoa Novena Tiga salam Maria pada usia 22 tahun, diGereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Ngagel Surabaya. Saya melakukannya tiap hari Jumat, seingat saya pada jam 16.00. Saya berdoa di gereja itu sebanyak 9 kali Jumat. Permohonan saya adalah mohon Bunda mendoakan saya agar saya mendapat suami yang baik dan memang jodoh saya. Pada intinya saya tidak ingin putus cinta apalagi harus beberapa kali. Pada saat ada beberapa pilihan, saya tidak tahu mana yang dipilihkan Tuhan untuk saya, ternyata dalam suatu mimpi, saya diberi petunjuk bahwa inilah orang yang akan menjadi suamimu. Tentu saya takut keliru kalau2 itu hanya bunga tidur, namun saya berdoa terus saya katakan pada Bunda bahwa saya sungguh percaya dan akan mengikuti apa yang menjadi kehendakNya. Saya ikuti saja proses perjalanan hidup saya, namun saya menutup semua kesempatan untuk calon lain karena saya percaya Tuhan. Dan tahun ini adalah tahun ke 41 usia perkawinan kami. Bukan hanya itu, Tuhan mengisi kehidupan kami penuh berkah dan bahagia. Terima kasih Bunda, terima kasih Yesus. Aku mencintai Mu.

Reply
avatar
July 17, 2020 at 2:57 AM delete

Tuhan Yesus dan Bunda Maria sungguh adalah penolong bagi saya dan keluarga. Tahun itu 2008 ketika papa saya meninggal, kami harus pindah dr rumah tante sesuai perjanjian bahwa kami hanya boleh menempati rumah itu selama papa hidup. Namun saat itu kami tidak punya uang sama sekali, mama saat itu hanya jual makanan di kantin sekolah yang hanya cukup untuk makan dan kebutuhan sehari2. Tapi dengan yakin dan novena Bunda Maria dan Yesus membantu kami mendapatkan rumah kontrakan di daerah kelapa gading seharga 12 juta pertahun dimana harga pasaran disana berkisar 40jt pertahun. Yesus dan Bunda Maria juga membantu saya untuk melunasi hutang kuliah dan bisa lulus pada tahun berikutnya serta bisa membiayai adik saya masuk kuliah hingga lulus, membayar hutang berobat papa saya(papa saya stroke dari saya smp) dan semua hutang kami lainnya. tidak lupa juga bahwa saya bisa membiayai acara pernikahan kakak saya yang menghabiskan dana hampir seratus juta. Sesuatu yang tidak pernah terpikirkan bahwa kami bisa melewatinya tapi karena kebaikan Bunda Maria dan Tuhan Yesus, kami mampu bersidi hingga hari ini dan menikmati hidup yang lebih baik. Dan keajaiban itu terus menyertai hidup saya hingga saat ini. Terima kasih Bunda, terima kasih Yesus

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 6, 2021 at 10:36 AM delete

Sebelumnya, ijinkan saya menceritakan pengalaman saya mengenai Doa Novena Tiga Salam Maria ini. Tepat pada tanggal 25 Desember 2020, Nenek saya mengeluh sakit yang kemudian mulai dirawat di rumah sakit (RS) pada keesokan harinya (26 Desember). Saya dan keluarga terus mendoakan Nenek saya. Saya pun mulai berdoa Rosario untuk kesembuhan Nenek saya pada tanggal 27 Desember setiap petang. Pada tanggal 29 Desember, pagi hari saya bangun sekitar jam 07.50, saya mendapat kabar bahwa Nenek saya sedang dipompa jantungnya. Saya terkejut dan ketakutan. Pada tanggal 29 Desember ini seharusnya saya mendoakan doa Novena Tiga Salam Maria untuk permohonan lain (yang sudah saya doakan sejak 1 November dan terus saya lanjutkan sambil menanti Tuhan mengabulkan doa Novena Tiga Salam Maria saya). Namun karena berita tersebut, saya langsung memutuskan untuk mendoakan doa Novena Tiga Salam Maria untuk kesembuhan Nenek saya. Namun ternyata Tuhan sangat amat sayang dengan Nenek saya. Nenek saya pun orang yang baik. Tuhan tidak membiarkan Nenek saya kesakitan terlalu lama dan Tuhan memanggil Nenek saya ke rumah Bapa di surga. Sayapun memutuskan untuk terus menyelesaikan doa Novena Tiga Salam Maria ini hingga hari yang ke-9 untuk Nenek saya, namun pada hari ke-2 hingga hari ke-9 permohonan saya adalah “Ya Tuhan Yesus Kristus, bersama dengan Bunda Maria, aku mohon kepada-Mu, tolong ampunilah segala dosa dan kesalahannya Nenek, terimalah semua amal ibadahnya Nenek selama hidup di dunia ini dan lapangkanlah jalannya Nenek ke rumah Bapa di surga”. Puji Tuhan hari ini adalah hari ke-9 doa Novena Tiga Salam Maria saya untuk Nenek. Sesuai dengan janji saya kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria, saya akan memberitahu kepada banyak orang dan memberi kesaksian melalui website-website dan video YouTube yang berhubungan dengan doa Novena Tiga Salam Maria. Saya membuat kesaksian ini juga karena saya percaya, Bunda Maria selalu mendengarkan doa Novena saya, menyampaikannya dan meneruskannya kepada Tuhan Yesus dan Tuhan pasti telah mengabulkan doa saya. Saya percaya Tuhan sudah ampuni segala dosa dan kebaikan Nenek saya, Nenek saya sudah bahagia di surga, sudah tidak sakit lagi dan sudah berbahagia dengan Kakek saya di surga.

Bahkan kemarin hari Senin (4 Januari 2021) pagi, orangtua saya datang ke makam Nenek saya dan orangtua saya cerita ke saya bahwa tidak ada hambatan sama sekali untuk datang ke makam Nenek saya, tanahnya tidak becek, padahal beberapa jam sebelumnya sempat hujan. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Tuhan sayang sekali dengan Nenek saya dan Nenek saya adalah orang baik.

Puji dan Syukur saya haturkan kepada Allah Tritunggal dan Bunda Maria. Bagi-Mu pujian, kehormatan dan kemuliaan sampai selama-lamanya.

Untuk siapapun saudaraku dalam Kristus yang sedang/akan mendoakan doa Novena Tiga Salam Maria ini, berdoalah dengan segenap hati percaya kepada Tuhan. Percaya bahwa Bunda Maria mendengarkan doamu dan pasti menyampaikan dan meneruskan permohonanmu kepada Tuhan Yesus Kristus. Percaya bahwa Tuhan pasti akan kabulkan permohonanmu pada waktu-Nya yang terbaik, jalan-Nya yang terbaik dan cara-Nya yang terbaik. Tuhan memberkati.

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”
(Amsal 3:5-6)

Ditulis oleh: Fransiska Gunawan
6 Januari 2021

Reply
avatar