Our Feeds

Friday, January 15, 2016

Catholic Youth Indonesia

Renungan Harian Orang Muda Katolik Jumat, 15 Januari 2016

Bacaan I             : 1 Samuel 8:4-7.10-22a
Bacaan Injil       : Markus 2:1-12
Dalam bacaan pertama tadi bangsa Israel mendesak Samuel untuk mengangkat seorang raja bagi mereka. Samuel sadar kalau dia tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Samuel bukan bertanya pada penasehat kerajaan atau siapapun di sekitarnya. Samuel bertanya langsung pada Allah. Dan Allah memberikan izin kepada Samuel untuk mengangat seorang raja bagi bangsa Israel.
Injil hari ini mau menyatakan bahwa iman itu harus berwujud nyata. Bangsa Israel pada bacaan I sudah membuktikan itu. Mereka beriman kepada Allah dengan tidak memberontak kepada Samuel sebagai pilihan Allah dan orang Israel membuktikan dengan bicara langsung dengan Samuel tanpa adanya kekerasan dan sabotase. Begitu juga yang terjadi pada 4 orang yang membawa seorang lumpuh naik keatap rumah dan menurunkannya. Jika diibaratkan dengan kehidupan sekarang, mereka adalah sekumpulan orang muda Katolik yang datang ke Tuhan Yesus demi seorang yang mereka kasihi. Mereka rela berdoa rosario, berpuasa, berpantang, dan mengikuti misa tiap hari demi yang mereka kasihi. Apakah kita punya iman seperti 4 orang diatas?
Tuhan Yesus mau menunjukkan bahwa iman itu tidak abstrak dan hanya sekedar perkataan agar orang tertarik masuk Katolik, tidak! Melalui peristiwa ini, Kristus menunjukkan bahwa iman juga berwujud nyata. Karena iman menghasilkan pelayanan dan pelayanan menghasilkan kasih.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »